Daerah

Evaluasi Penerimaan Laporan Awal Dana Kampanye

0

BANJARMASIN, REPORTASE9.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin mengadakan Rapat Evaluasi Penerimaan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) dan Bimtek Persiapan Penerimaan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin Tahun 2020, di Hotel Pyramid Suites, Jumat (16/10) pagi.

KPU Kota mengadakan rapat koordinasi bersama dengan para tim pasangan calon yang bertarung dalam Pilwalkot Banjarmasin.

Komisioner Kpu Divisi Hukum, Heriwijaya menyampaikan materi mengenai Ladk. Ladk adalah laporan awal dana kampanye, yang sudah dilaporkan paslon dan Lpsdk dimulai dari 26 September sampai 31 Oktober, yang akan dilaporkan paslon mengenai kegiatan selama kampanye.

“Laporan awal bisa bertambah berupa uang, barang ataupun jasa, itu nanti ada pelaporannya, itu namanya laporan penerimaan sumbangan dana kampanye, tanggal 31 oktober”, imbuh Heriwijaya.

Dirinya juga mengatakan alasan harusnya laporan itu disampaikan.

“Karena apa.. laporan itu harus memang dilaporkan, karena itu berupa semua hal hal berhubungan dengan kampanye, berhubung paslon 4 orang wajib dilaporkan sebelum laporan sumbangan dana kampanye”, ungkapnya.

Kemudian Heriwijaya juga memaparkan batasan-batasan jumlah dana kampanye yang sesuai dengan aturan Kpu.

Untuk partai politik pengusung ada batas dana kampanye maksimal Rp. 750 juta, dari pereorangan, individu atau nama pribadi sebesar maksimal Rp. 75 juta, kalau penyumbang pihak lain atau dari badan usaha milik swasta organisasi masyarakat atau pun badan hukum yang ada disitu maksimal Rp. 750 juta.

“Itu wajib dilaporkan dari pasangan calon dalam kegiatan kampanye dari 26 September sampai 5 Desember”, pungkas Heriwijaya.

Sekretaris tim pemenangan Haris-Ilham,
Wibowo Harianto menyampaikan apresiasinya terhadap evaluasi dan bimtek yang diadakan Kpu Kota Banjarmasin yang menurutnya sangat membantu dalam laporan.

“Untuk pendapat kegiatan hari ini kami dari relawan Haris – Ilham mengapresiasi dari Kpu karena dengan adanya acara ini kami terbantu dalam laporan Lpsdk kedepannya”, tutur Wibowo Harianto.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

More in Daerah