Nasional

Sebuah Inovasi Cegah Resiko Antenatal Care (Anc) Pada Kehamilan

0

BALANGAN, REPORTASE9.COM – Bumil Cerdas Dian merupakan sebuah inovasi dalam pencegahan resiko Antenatal Care (Anc) yang dilaksanakan seorang Bidan Desa Karuh, Puskesmas Lok Batu, Kecamatan Batu Mandi.

Dian Veranita atau sering dikenal sebagai seorang Bidan di tempat tersebut mencoba menciptakan sebuah inovasi sebagai perwakilan dari Kabupaten Balangan dalam ajang penilaian tentang kesehatan berprestasi ditingkat provinsi, di kategori Bidan Berprestasi.

Melalui program ibu hamil (bumil) cerdas dian, setiap orang harus mengikuti beberapa tahapan, yang pertama pemeriksaan kehay (posyandu ibu hamil), imunisasi ibu hamil, perawatan posyandu, penyuluhan ibu hamil,senam hamil,dan yang terakhir bersalin di fasilitas kesehatan.

Dian Veranita menjelaskan, latar belakangnya membuat program “Bumil Cerdas Dian”.

“Latar belakang saya membuat program ini adalah,belum optimalnya peran serta masyarakat dalam deteksi dini resiko tinggi,” ujarnya

Dalam ajang penilaian tenaga kesehatan berprestasi, di kategori Bidan Berprestasi, ia mencoba inovasi program baru dengan mengambil nama yang terbilang cukup menarik.

“ini Bumil Cerdas Dian, sebuah pemikiran dan inovasi terhadap ibu hamil akan pencegahan resiko dengan Antenatal Care (Anc) sesuai dalam  menghadapi persalinan yang aman,” ungkapnya

Dengan harapan, dari adanya program inovasi ini,dapat meningkatkan kesehatan ibu hamil dan janin selama waktu kehamilan untuk menuju persalinan yang aman serta meningkatkan  peranan serta masyarakat dalam deteksi dini resiko tinggi.

Dari pandangan beberapa masyarakat,salah satunya Mastika, salah seorang warga setempat mengatakan, perasaan senang dengan adanya bidan seperti Dian Veranita.

“Kami tentu senang dengan adanya ibu dian, selain karena ibu dian sangat diperlukan bagi ibu-ibu hamil, serta tingkat kepeduliannya yang tinggi terhadap para ibu hamil tentu akan menambah penilaian tinggi baginya,” ucapnya

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

More in Nasional