Berita UtamaDaerah

Kalsel Tanggap Corona, Gugus Tugas Siapkan Ini

0

Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Diesase 2019 (Covid-19) Kalimantan Selatan (Kalsel) akan mempersiapkan sejumlah sarana karantina khusus yang diperuntukkan bagi pasien ODP dalam kategori tertentu.

Hal tersebut disampaikan saat pelaksanaan Teleconference Dinas Kesehatan Kalimantan Selatan bersama sejumlah Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota lingkup Kalsel, Kantor Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP), dan Instansi terkait lainnya.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru, Rizana Mirza kegiatan teleconference dilaksanakan untuk membahas rencana karantina khusus bagi mereka yang masuk dalam kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Dimana nantinya pihak Dinkes provinsi menyiapkan tempat karantina khusus, diantaranya Kampus II Diklat Ambulung Banjarbaru, Dikbud Banjarmasin, Balai Kesehatan Banjarbaru dan di Asrama Haji Kota Banjarbaru.



“Ada 4 lokasi karantina. 3 diantaranya di Kota kita Banjarbaru dan satu di Kota Banjarmasin,” ungkap Rizani Mirza.

Setelah ini, lanjut Rizana Mirza, akan dilakukan pengklasifikasian orang yang akan menempati lokasi-lokasi karantina tersebut, karena tidak semua ODP akan diberlakukan sama.

“Ini agar kita mudah melacak riwayat perjalanannya, siapa saja yang ditemuinya dan kemana saja dia,” ungkapnya.

“Dari hasil tadi juga Kepala Dinkes Provinsi bersama jajarannya akan membentuk tim kecil merumuskan kriteria ODP yang masuk dalam karantina. Tim itu nanti terdiri dari tenaga ahli, epidemiologi dan surveillance,” tambahnya.

Selain itu, dari segi SDM yang menempati 4 lokasi karantina lanjutnya, akan diisi oleh tenaga-tenaga medis dari Provinsi Kalsel dan dibantu tenaga medis dari Pemerintah Kota.

“Tadi saya juga menyarankan untuk merekrut tenaga medis dari luar baik perawat maupun dokter. Mengenai pembiayaan itu wewenang pemerintah provinsi,” tambah pria yang akrab disapa Mirza.

Tidak hanya itu, pintu gerbang dalam hal ini Bandara Syamsudin Noor dan Pelabuhan Trisakti akan diperketat. Tidak hanya memberdayakan kekuatan KKP Banjarmasin, tapi juga Kabupaten Kota terdekat akan membantu SDM yang bertugas di sana.

Pihaknya juga telah mendiskusikan dengan Dinas Lingkungan Hidup bagaimana pengelolaan limbah medis di 4 lokasi yang akan dijadikan sebagai tempat karantina tersebut.

You may also like

More in Berita Utama

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *