Daerah

Penyemprotan Disinfektan Harus Tepat dan Efektif

0

Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Diesase 2019 (Covid-19) Kabupaten Banjar mengimbau seluruh pihak melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan secara efektif dan tepat.

Imbauan tersebut disampaikan langsung Ketua Gugus Tugas, Mokhamad Hilman dalam kegiatan Video Conference Kabupaten Banjar Tanggap Covid-19 bersama para jurnalis, Minggu (29/03) siang.

Menurut Mokhamad Hilman penyemprotan cairan disinfektan sebagai langkah pencegahan atau sterilisasi tidak perlu dilakukan secara membabi buta, akan tetapi harus secara tepat dan efektif.

“Perlu kita ketahui dan ingatkan, Virus Corona ini menular melalui droplet (percikan air liur) dan menempel pada benda yang terkena percikan,” ujarnya.



Sehingga, jelas Hilman, penyemprotan akan lebih efektif jika dilakukan pada benda-benda yang sering disentuh banyak orang atau pun di lingkungan yang sudah terdapat pasien positif maupun pasien dalam pengawasan (PDP).

“Penyemprotan yang berlebihan selain dapat menyebabkan ke-mubadziran, juga dapat berbahaya bagi kesehatan, apalagi jika cairan tersebut terkena makanan atau minuman,” ungkap Hilman.

Berkaitan akan hal tersebut, Hilman mengimbau kepada seluruh pihak yang akan melaksanakan penyemprotan agar memperhatikan data terlebih dahulu dan mengutamakan melaksanakan penyemprotan di wilayah tempat tinggal masyarakat yang masuk dalam kategori PDP ataupun ODP.

You may also like

More in Daerah

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *